Friday, April 30, 2021

BPNRamadan2021: 3 Targetku di Tahun 2021 (Day 7)



Saya punya sebuah styrofoam berwarna kuning dengan hiasan berbagai gambar nempel di dinding kamar. Di papan berwarna kuning UI itu terpajang bermacam gambar, mulai dari Ka'bah, Alquran, orang lagi ngetik di laptopnya, patung Liberty, tumpukan buku dan secangkir kopi. Bahkan ada gambar brokoli segala (maksudnya biar jadi pengingat buat makan sayur lebih banyak, selain saya juga emang cinta brokoli sih). Pada papan manis itu, nggak hanya terpajang kumpulan gambar, tapi ada juga macem-macem sticky notes warna-warni terpampang manis di sisi bawah dan kanannya. Keberadaan papan kuning (kita menyebutnya papan kuning aja kali ya atau papan impian?) sudah ada sejak pertengahan atau akhir tahun lalu ya, saya lupa.

Keberadaan papan impian itu awalnya untuk menaruh berbagai to do list yang harus saya lakukan setiap hari. Dan sekarang, well, masih ada to do listnya sih tapi hanya hal-hal urgent yang harus dikerjakan. Dan ada juga sticky notes random lainnya. Sebenarnya, maksud dan tujuan ada berbagai gambar itu juga untuk menjadi pengingat bahwa inilah hal-hal yang ingin saya lakukan dan merupakan impian-impian saya. 

Nah, selain berwujud gambar,  di tahun ini saya mulai menerjemahkannya menjadi tulisan. Pas banget dengan judul entry blog hari ini yaitu Target yang Ingin Dicapai di 2021.

Saya menulisnya selepas dari momentum tahun baru (yang mana biasanya orang-orang jadikan waktu yang tepat untuk menulis resolusi diri). Ada tiga target yang ingin saya capai di tahun ini.

1. Menikah

Ini adalah target yang pertama saya pikirkan. Jika bicara umur, tentu umur saya sudah cukup untuk memiliki keluarga baru sendiri. Yang saya pelajari, mungkin menikah ngga selalu berpatokan pada umur, tapi lebih tepatnya kesiapan. Jika di umur 20-an mungkin menurut Allah belum waktu yang tepat bagi saya untuk menikah, semoga di umur 30 awal ini, Allah sudah melihat kepantasan saya. Kalau dibilang siap? Well, pasti banyak hal yang masih belum saya pelajari sih meski baca-baca buku soal pernikahan dan nonton video kajian pernikahan udah dari jaman kapan entah wkwkw. Tapi kan kesiapan pernikahan mah ada banyak yah. Kesiapan emosional, mental, finansial, dll. 

Saya berharap dan berdoa, semoga di tahun 2021 ini Allah mengizinkan saya membangun keluarga. Saya udah kepengen punya partner dalam menghadapi ujian kehidupan dan belajar untuk kehidupan dunia akhirat yang lebih baik nih ya Allah aamiin.


2. Penghasilan di atas enam juta.

Yep ini juga masuk ke dalam target hidup saya wkwkw. Makin banyak bund tagihan yang harus dibayar, wkwkwk. Dulu, saya bukan tipe yang terlalu ambisius sama gaji yang ingin saya terima. Namun, semakin saya mengetahui  dan memahami apa saja hal-hal penting yang harus saya lakukan dalam hidup, semakin banyak keinginan saya yang sifatnya material dan membutuhkan duit wkwk. Misalnya, saya semakin paham membaca buku itu penting untuk diri saya, maka saya membutuhkan penghasilan yang lebih untuk bisa mendukung kebutuhan saya akan buku. Well, buku udah masuk dari lama sih, tapi belakangan buku tuh semakin saya butuhkan untuk mendukung misi self improvement saya. Belum lagi keinginan untuk membahagiakan keluarga dan orang-orang yang penting dalam hidup saya juga membutuhkan uang. Jadi, penghasilan yang lebih besar menjadi salah satu target saya di tahun ini. Entah melalui pekerjaan utama, atau freelancing. Semoga Allah kabulkan di tahun ini. Belum lagi kepengen punya rumah, mobil, sepatu dior (eh wkwkw jadi banyak maunya hahah).


3. Mulai konkret mewujudkan impian S2 ke luar

Sejak duluuuu sekali, jaman saya masih aktif di Tumblr, saya udah punya keinginan untuk lanjut S2 ke luar. Waktu itu sih masih aimless,  kayak ngga tau kenapa kepengen aja kuliah di luar wkwk. Mungkin masih "cetek" ya alasannya supaya bisa ngerasain tinggal di luar aja gitu. Tapi ya belum serius menggali mau ambil program apa, di universitas mana. Paling ya kepikirannya antara di Amerika atau Eropa. 

Tapi, tahun lalu saya menemukan satu kampus dan program studi yang cocok banget dengan apa yang ingin saya pelajari dan jalani ke depannya. Waktu baca deskripsinya, somehow kayak sparks keingintahuan dan aspirasi dalam diri saya gitu. Maka, sekarang saya menanamkan dalam diri, sebuah impian untuk melanjutkan studi Master of Media Science di Boston University. Kebetulan banget, ada orang-orang ILUNI UI juga lulusan dari BU. Bismillah, semoga bisa lebih konkret dalam mewujudkan target yang satu ini. 


Kalau cuma dibaca dan dipikirn, tiga target ini serasa cukup berat. Tapi jika dijalani setahap demi setahap, dari hal yang mudah, semoga akan sampai pada tujuan saya aamiin. Mohon doanya ya manteman yang membaca tulisan ini. Bagaimana dengan manteman, apakah target manteman di tahun 2021 ini? Apapun itu, saya doakan semoga terwujud semua target manteman di tahun ini.

Yuk boleh banget kalo mau saling berbagi cerita di kolom komentar.

No comments:

Post a Comment