Thursday, April 29, 2021

BPNRamadan2021: Rekomendasi 5 Drama Ini Membuatmu Merasa Masuk Ke Dalam Mesin Waktu (Day 6)

 


Saya bukan orang yang betah berlama-lama nonton series. Beberapa drama series yang bisa saya selesaikan semua episodenya kayaknya bisa dihitung dengan jari. Mungkin karena saya tuh terlalu bosenan dan gampang kedistrak kali ya, makanya jarang bisa betah berlama-lama nonton satu drama series. Tapi, herannya dulu cukup betah juga sih nonton historical drama mandarin seperti Putri Huan Zhu yang bahkan tayang sampai dua atau tiga season gitu hihi. Mungkin makin lama, manusia jadi punya fokus yang lebih singkat, makanya sekarang konten-konten semacam TikTok yang cuma 15 detik itu bisa booming

Anyway, baiklah, saya bakal coba sedikit berbagi lima serial TV terfavorit.

1. Good Manager 

Good Manager atau Chief Kim atau Kim Gwajang ini adalah seri drama terbaru yang saya tonton belum lama ini. Tapi, sebenernya ya Kdrama ini sih ya udah ada dari tahun 2017. Kenapa saya kepengen nonton drama ini? Awalnya, murni karena ada Kim Seonho di dalamnya wkwkw. Kim Seonho memang aktor Korea yang lagi saya suka, semenjak penampilan fenomenal dia sebagai Han Ji Pyeong di Kdrama berjudul Start-Up (yang nanti juga akan saya bahas hehe). 

Sebenernya, Kim Seonho di sini cuma dapat jatah peran sampingan, tapi keberadaannya cukup menambah warna dengan karakternya yang polos nerdy tapi celetukannya suka paling bener wkwk. Awalnya memang karena Kim Seonho, tapi ternyata K-Drama ini bener-bener gem banget! Ini adalah KDrama pertama yang bikin saya betah menamatkan 8 episode lebih berturut-turut dalam semalam. Akhirnya saya ngerasain yang namanya binge watching KDrama wkwkw. 

Saya ngga pengen cerita sinopsisnya kayak apa, manteman bisa coba baca di sini ya. Yang jelas sih, drama ini SERU banget! Feel drama ini mengingatkan saya akan drama Jepang berjudul My Boss My Hero yang tayang pada 2006. Dari comedicnya yang agak comical, apalagi di episode awal. Bagaimana karakter utama mengalami character development dari seorang yang "loser" menjadi "hero". Hal lain yang saya suka adalah bromance Chief Kim dan "lawannya" Seo Yul. Kisah cinta tipis-tipis Seo Yul dan karakter tokoh utama cewek bernama Yoon Ha Kyung juga jadi pemanis. Meski drama ini mungkin lebih kuat di comedy, tapi ada unsur thriller yang bikin deg-degan juga, serta banyak pelajaran soal kehidupan yang bikin kita merenung. Bagus banget! 

Verdict: 🍿🍿🍿🍿🍿


2. Start-Up

Membicarakan Kim Seonho, ngga lengkap rasanya kalo ngga nyinggung Kdrama yang membuat namanya melejit sampai ke langit. Yap, Kdrama berjudul Start-Up sempat menhebohkan jagat perdrakoran. Bahkan hype-nya berasa sampe ke mereka yang mungkin bukan penggemar drakor. Mulai dari influencer, artis dan penyanyi tanah air sekelas Vidi Aldiano, Maudy Ayunda, dan Raisa, dan bahkan Mbak Najwa Shihab, semua juga nonton Kdrama satu ini.

Saya ngga akan bercerita banyak, buat manteman yang belum pernah denger bisa coba cek di sini ya sinopsisnya. Kdrama bergende youth drama/romance ini menceritakan para aspiring entrepreneur di sebuah inkubator bernama Sandbox. Nah, dari awal, drama ini menceritakan kisah tokoh utamanya, Seo Dal Mi  (Bae Suzy) dan masa kecilnya yang penuh perjuangan. Almarhum Ayahnya yang mengalami jatuh bangun dalam membangun bisnis berhasil menginspirasi Seo Dal Mi untuk mengikuti jejak sang Ayah. Hingga akhirnya, kisah pun semakin berkembang ketika ia bertemu dengan seorang apps developer bernama Nam Do San (Nam Joo Hyuk) yang ternyata cinta pertama dia di masa lalu. Permasalahan semakin rumit ketika ternyata cinta pertama aslinya, yaitu Han Ji Pyeong, sosok yang bener-bener berkirim surat sama Dalmi dan Dalmi sebut sebagai cinta pertama, muncul juga dalam hidupnya dan banyak berperan dalam kehidupan Dalmi dan Dosan. 

Dari awal sampai pertengahan, spirit aspiring entrepreneurnya masih bikin semangat. Sampai akhirnya, rusuh tim-timan bikin banyak penonton oleng dari tujuan awal drama ini. Termasuk saya sih yang awalnya sangat menikmati dengan objective ngga ikutan tim-timan, eh berakhir jadi hard core tim Pak Han wkwkwk. 

Meski banyak hal-hal rumit yang bikin pengalaman nonton Kdrama ini berkurang di banding awal, saya tetep masukin drama ini ke dalam list Kdrama yang bisa coba ditonton. Asalkan nonton dengan pikiran terbuka. Tapi memang sayang banget sih sang penulis PHR agak terburu-buru bikin resolusi konfliknya bikin penoton agak jadi bertanya-tanya hehe. Soundtracknya tapi ciamik banget gaes. Deretan nama besar yang iktu sumbang suara kayak Red Velvet dengan "Future"-nya yang fenomenal, Ailee, Wendy, Cheeze, dan bahkan Suzy juga ikutan nyanyi. Keren lah saya suka banget sama diskografi OST StartUp. 

Verdict: 🍿🍿🍿


3. My Love From The Star

Kdrama hit lain pada masanya yang sayang banget kalo sampe dilewatkan manteman  yang lagi pengen berselancar di dunia perdrakoran. Drama tahun 2013 ini dibintangi Jun Ji Hyun dan Kim Soo Hyun. Ceritanya secara singkat adalah tentang seorang alien yang nyasar di bumi bernama Do Min Joon, yang bertetangga dengan seorang superstar Korea bernama Cheon Seong Yi. Setelah pertemuan keduanya yang diawali dengan kejadian memalukan tapi kocak, keduanya terus-terusan saling berhubungan hingga akhirnya mereka pun saling jatuh cinta. Namun, ada sosok jahat yang harus dihadapi dan kerap mengancam nyawa Cheon Seong Yi. 

Drama ini punya adegan-adegan super iconic yang lucu parah. Saya juga suka sama karakter Cheon Seong Yi yang meski kadang agak arogan, tapi dia berhasil make up karakternya dengan ketulusan hatinya ketika udah bener-bener peduli sama seseorang. Dia juga punya karakter kuat yang ngga kalah dengan keadaan. Cuma kalah ketika Do Min Joon nyuekin dia wkwk bucin bucin, seperti aku (eh wkwk). Verdict: 🍿🍿🍿🍿


4. My Boss My Hero

Berhubung saya ngga ide mau masukin serial apa lagi, maka saya akan merekomendasikan drama Jepang yang sudah saya ceritakan sedikit di cerita saya tentang Chief Kim. My Boss My Hero ini dibintangi Tomoya Nagase, Aragaki Yui, dan Tegoshi Yuya. Drama ini ngga pernah gagal bikin saya ketawa guling-guling. Bahkan ketika udah ditonton berkali-kali. Komedinya memang khas Jepang banget, exaggerated expression, comical, dan agak "childish" dibanding sarkasme dan witty dialogue khas Korea. Tapi, saya pun suka model komedi kayak gini. 

Ceritanya, ada mafia bernama Sakaki Makio yang terpaksa harus balik lagi jadi anak kelas 3 SMA karena sang Ayah, pemilik dari Kanto Sharp Fang (nama klan mafianya Makki), mensyaratkan Makio untuk lulus SMA dan membuktikan kalo Makio nggak cuma jago kelahi, tapi juga jago itung-itungan hehe. Di situ dia ketemu anak-anak SMA yang cenderung cuek, dingin, sombong. Tapi lama-lama, perjalanan cerita akan merekatkan hubungan yang di awal awkward dan cenderung tidak akrab. Ada banyak life wisdom khas Jepang yang menurut saya Jepang banget cara menyampaikannya, seperti perumpamaan kisah Nightingale. Dan drama ini tentunya banyak membicarakan bagaimana masa muda itu masa yang harus dijalani dengan penuh tenaga dan semangat. Dan gimana penulis membuat perjuangan mendapatkan puding terenak satu sekolah menjadi gambaran akan perjuangan masa muda yang penuh tenaga. Drama ini termasuk cukup singkat dibanding drama Korea, jadi bisa banget dinikmati dengan lebih santai, tapi tidak kaleng-kaleng. 

Verdict: 🍿🍿🍿🍿🍿

5. Princess Hours

Saya udah bener-bener keabisan ide mau nyeritain serial apa lagi saking memang saya juarang banget nonton drama series wkwkw. Jadi, saya bakal memasukkan drama Korea pertama yang saya suka dan membuat saya jadi tertarik dengan Korean Pop Culture. Drama yang dibintangi Yoon Eun Hye dan Joo Ji Hoon ini tayang pada tahun 2006, waktu itu di Indosiar dan setiap Minggu siang. Drama ini bener-bener melejitkan Kdrama ke mata dunia internasional dan membawa Hallyu Wave hingga ke berbagai negara, termasuk Indonesia. 

Ceritanya dreamy dan gemas banget, seperti baca teenlit terjemahan kayak Princess Diary. Bercerita tentang Shin Chae Kyeong yang dijodohkan dengan Pangeran Lee Shin (ceritanya Korea masih berbentuk monarki gitu deh). Dengan berbagai motif, keduanya pun menerima pernikahan itu meski terpaksa juga. Namun, tentunya meski perjalanan berliku, keduanya pun mulai jatuh cinta satu sama lain, meski ternyata ngga semudah itu, padahal mereka ya sebenarnya suami-istri. 

Waktu pertama liat drama ini di Indosiar, wajah Yoon Eun Hye yang masih unyu-unyu gemas dengan kepang duanya itu nampang di tv. And she was looking so pretty! Gara-gara itu, saya pun sempet ngebiasin Yoon Eun Hye dan bahkan nonton dramanya yang judulnya Vineyard Man hehe. Soundtracknya juga fenomenal banget, semua tahu lagu "Perhaps Love" yang di akhir tahun lalu dinyanyikan Seonho dan Yoona hehe. Yang paling saya suka sebenernya soundtrack instrumental yang khas musik tradisional Korea tapi dicampur dengan unsur musik orkestra sehingga bikin drama ini berasa banget vibe kerajaan modernnya. 

Verdict: 🍿🍿🍿


Sekian rekomendasi dari saya. Sebnernya, semenjak Netflix hadir, kesempatan saya untuk nambah refensi serial TV tuh besar banget. Apalaagi koleksi Kdramanya cukup up to date dan buanyaak. Nanti deh, saya akan kembali menambah referensi saya. Siapa tau di rekomendasi serial TV berikutnya, sudah bertambah kaya daftar yang saya bagikan, dan lebih ngikutin perkembangan zaman pastinya wkwkw. 

Kalo manteman, apa serial yang kalian suka dan rekomendasikan? Yuk boleh berbagi di kolom komen ya! 



No comments:

Post a Comment